Cara Membuat Manisan Jambu Mete

Resep Manisan - Jambu mete atau Anacardium occidentale L merupakan buah yang dapat diolah dalam berbagai macam bahan pangan. Untuk pengolahan buah jambu mete menjadi bahan pangan tidaklah membutuhkan peralatan yang begitu canggih dan rumit, cukup dengan penerapan teknologi yang sederhana kita dapat membuat beraneka jenis olahan menjadi makanan ringan.

Buah jambu mete saat buahnya sudah matang maka warnanya akan berubah jadi kuning kemerah-merahan dengan biji buah terletak di bagian luar buah. Biji buah jambu mete berbentuk bulat setengah lingkaran yang dilapisi dengan kulit yang agak keras serta warnanya ke abu-abuan. Rasa buahnya yang agak manis sepat dan aromanya yang sangat khas.

Cara Membuat Manisan Jambu Mete

Manisan Jambu Mete


Daging buah jambu mente megandung zat gizi yang cukup tinggi, antara lain vitamin A, B dan C dan gula. Vitamin C pada jambu mete lebih tinggi dari vitamin pada buah jeruk. Untuk mendapatkan hasil manisan jambu mete yang baik, perlu adanya pemilihan buah yang benar-benar matang dan segar ditandai dengan kulit daging luar yang halus di bawah ini penjelasan tentang cara membuat manisan buah jambu mente :

Bahan-bahan:
  • Buah semu jambu mete
  • Air secukupnya
  • Garam dapur
  • Tawas
  • Kapur sirih
  • Gula pasir
  • Kertas/plastik pembungkus
Cara membuat manisan jambu mete:
  1. Cuci buah sampai bersih sampai kotoran yang melekat pada daging buah mete hilang.
  2. Jambu mete dipotong/di iris setebal 1 Cm. Tahap selanjutnya.
  3. Irisan Buah Jambu mete direndam dalam larutan air garam dapur selama 180 menit, kemudian angkat cuci dengan air bersih, lalu tiriskan.
  4. Irisan buah jambu mete yang telah tiris, direndam kembali selama 120 menit dalam air kapur.
  5. Langkah berikutnya angkat irisan jambu mete, kemudian direndam kembali pada larutan Air tawas.
  6. Tujuan perendaman untuk menghilangkan rasa sepat pada jambu mete.
  7. Jambu mete di iris-iris tebal 1 cm kemudian di rebus bersama gula pasir tunggu sampai gulanya meresap ke dalam irisan buah.
  8. Setelah itu angkat lalu dinginkan selama 12 jam.
  9. Tahap pengeringan dengan cara menjemur irisan jambu mete di bawah terik matahari selama dua hari.
  10. Terakhir adalah proses pengemasan dapat memakai kertas ataukah plastik yang di lengkapi dengan merek agar menarik bagi pembeli.
Selamat Mencoba Membuat Manisan Jambu Metenya!