Resep Cara Membuat Manisan Kulit Jeruk

Membuat Manisan Kulit Jeruk Untuk membuat manisan ini saya memakai type jeruk sunkist atau jeruk berwarna oranye dengan kulit yang agak tidak tipis. Saya belum coba type jeruk berkulit tidak tebal seperti jeruk keprok. Kupas jeruk dengan hati-hati supaya tak sobek serta buang sebanyak-banyaknya sisi kulitnya yang berwarna putih, sisi yang seperti sponge ini membuat manisan jadi getir. Kulit jeruk segera saya iris-iris memanjang. sesudah kulit direbus dalam air.

Membuat Manisan Kulit Jeruk

Membuat Manisan Kulit Jeruk


Manisan kulit jeruk ini tak hanya enak untuk makanan ringan juga mantap untuk kombinasi cookies serta cake buah atau cake yang lain. Cacah kulit jeruk jadi ukuran kecil serta masukkan ke dalam adonan kue atau cookies. Untuk penyimpanannya, masukkan dalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat serta taruh dalam kulkas.

Tersebut resep cara membuat manisan jeruk Bahan :
  • 2 butir jeruk sunkist, ambillah kulitnya
  • 200 gram gula pasir untuk merebus
  • 300 ml air
  • 100 gram gula pasir untuk taburan
Cara membuat
Kerat permukaan kulit jeruk memakai pisau tajam sampai pisau menyentuh sisi daging buah, buat sebagian keratan dimulai dari ujung jeruk sampai pangkal. Saya membaginya jadi 4 sisi. Kupas kulit jeruk ikuti keratan yang sudah di buat, hati-hati jangan sempat kulit jeruk sobek. Kerjakan pada jeruk yang lain.

Buang sisi dalam kulit jeruk yang berwarna putih seperti sponge sebanyak-banyaknya, bila ada sisi putih yang tetap melekat biarlah saja. Potong-potong kulit jeruk dengan cara membujur dengan lebar 1/2 cm.

Siapkan panci, masukkkan 500 ml air rebus sampai air mendidih. Masukkan kulit jeruk, rebus sampai kulit beralih warna, lebih kurang 5 -10 menit. Tiriskan kulit jeruk serta buang air rebusan. Ulangilah lagi sistem merebus satu kali lagi, lalu tiriskan.

Masukkan air sejumlah 300 ml ke dalam panci, imbuhkan gula pasir, rebus sampai mendidih. Masukkan kulit jeruk, kecilkan api kompor sampai air rebusan cuma keluarkan letupan-letupan kecil saja serta rebus kulit jeruk dalam air gula sampai air tersisa kurang dari setengahnya. Janganlah mengaduk-aduk kulit jeruk sepanjang perebusan supaya gula tak mengkristal.

Angkat panci dari api kompor serta biarlah kulit jeruk dingin dalam larutan gula. Tiriskan kulit jeruk dengan meletakkannya di atas saringan kawat atau kawat berlubang seperti yang saya pakai.

Siapkan piring, tuang 100 gram gula keatasnya, lumuri kulit jeruk dalam gula pasir sampai seluruh permukaan kulit tertutupi. Tata kulit jeruk di atas loyang beralas kertas minyak serta biarlah sampai kering. Saya mendiamkannya sepanjang semalam.

Bila gula sudah kering serta kulit jeruk jadi kaku serta tak lembab, masukkan kedalam kantung plastik atau stoples, tutup rapat serta taruh di kulkas. Manisan kulit jeruk siap untuk dipakai dalam bermacam kue, atau cake serta mantap juga untuk makanan ringan.
Redaksi
Redaksi Tak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia pernah mungkin diantara kita yang merasa lemah, tak berguna, dan tidak memiliki kelebihan apapun. tahukah teman, "Tak ada ciptaan Tuhan yang sia-sia" Adanya kelemahan dan kekurangan dalam diri kita bukanlah untuk disesali. Kelemahan ada untuk disiasati. sebab kelemahan kita juga ciptaan Tuhan. Dan Ia tak diciptakan hanya untuk sia-sia. Percayalah teman, kita hebat karena memiliki kelebihan. tapi kita akan menjadi semakin hebat saat kita mampu menaklukan kelemahan kita.