Cara Membuat Manisan Asam Jawa

Resep Manisan - Asam jawa, asem atau asam merupakan sejenis buah yang masam rasanya, buahnya kadang dimanfaatkan sebagai rempah masakan atau sebagai penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam. Asam jawa dikenal dalam istilah ilmiahnya Tamarindus indica yang di kelompokkan kedalam suku Fabaceae (Leguminosae). Asan jawa merupakan spesies dari Tamarindus.

Pohon asam yang tinggi sampai bisa mencapai 30 meter dentan diameter batang di pangkal hingga 2,5 meter. Daunya selalu menghijau sepanjang tahun dan tidak mengalami musim gugur daun. Kulit batangnya berwarna coklat abu-abu, pecah dan kasar, serta memiliki alur vertikal. pohonya yang begitu rindang sehingga sangat cocok di jadikan sebagai taman peneduh.

gambar asam

Manisan Asam


Asam jawa dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Pohon asam diperkirakan berasal dari Afrika, Buahnya yang sudah matang dapat bertahan lama setelah dikupas cukup dengan mengeringkannya di bawah terik matahari, selain dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan buah asam pun dapat menghilangkan bau amis pada Ikan segar.

Daging buah asam jawa mengandung vitamin B, Kandungan antibiotik dan zat asam yang terdapat pada buah asam jawa sangat baik untuk kesehatan utamanya untuk kesehatan kulit, seperti dapat mengatasi jerawat di wajah, Daunya pun dapat dimanfaatkan sebagai ramuan penurun kadar kolesterol.

Manisan Asam Jawa

Berlatar belakang dari rasanya yang masam dan kecut sehingga sangat cocok diolah menjadi manisan. Nah bagi Anda yang ingin mengolah asam jawa dan membuatnya menjadi manisan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini adapun bahan-bahan yang harus dibutuhkan untuk membuat manisan asam adalah sebagai berikut:

Bahan:
  • 2 kg asam jawa
  • 1 kg gula aren
  • 500 gr gula pasir
  • 500 ml air
Bahan taburan:
500 gram gula pasir yang berbutir halus.
Cara membuat manisan asam:
  1. Didihkan gula aren bersama gula pasir sampai encer lalu saring dan rebus kembali hingga agak kental
  2. Rendam asam dengan larutan gula selama 24 jam, dan angkat, jemur di bawah terik matahari selama 12 jam
  3. Sementara itu larutan gula dipanaskan kembali. Rendam asam untuk kedua kalinya semalaman.
  4. Tiriskan, jemur hingga agak kering. Taburi dengan gula pasir berbutir halus. Sajikan.
Demikian persembahan Aneka resep manisan buah tentang cara membuat manisan Asam, selain itu asam jawa pun dapat dimanfaatkan sebagai bahan sirup, campuran gula-gula/Permen Asam, selai dan jamu. Selamat mencoba manisan Asamnya. semoga bermafaat.