Manisan Khas Arab

Resep Manisan - Jika di Indonesia terkenal dengan manisan buahnya maka di negara Arab pun begitu dikenal dengan olahan manisannya, hanya saja jenis manisan ini sangat berbeda dengan manisan yang ada di tanah air Indonesia. Risol atau pastel yang di sulap menjadi manisan dengan lapisan keju putih. Tentunya memiliki rasa khas tersendiri jika mendarat di ujung lidah.

Asal usul ragam manisan arab ini dilatar belakangi karena banyaknya orang India yang bermukim mencari kerja ke Negara Arab dan turki. Apakah Anda merasa penasaran dengan manisan unik dari Timur Tengah? di bawah ini beberapa manisan ala Arab:

Aneka Manisan Arab

Manisan Arab


1. Manisan Basbusah

Aneka Manisan Arab

Manisan Basbusah adalah jenis manisan arab yang berbahan dasar tepung beras atau gamdum dengan paduan sirup. cara mengolah Manisan Basbusah cukup sederhana yakni adonan dicampur dengan mentega, telur, susu, vanilla, baking powder, gula dan di taburi dengan Almond. di mesir manisan Basbusah ini dikenal dengan sebutan harisah.

2. Manisan Kanafah

Aneka Manisan Arab

Kanafah adalah sejenis pastry keju Arab tradisionil yang disiram dengan sirup, jenis manisan ini merupakan manisan favorit orang Arab. Sekali mencicipinya maka Anda ingin tambah dan tambah. Cara membuat manisan ini cukup dengan memanaskan mentega kemudain di olesi keju putih. Pastry di bentuk bulat dengan keju sebagai isinya. Sirup.

3. Halwa atau Halawah

Aneka Manisan Arab

Manisan Halawah yang bahan dasar dari mentega, tepung beras, gula dan kacang-kacangan. Halawah yang artinya manisan, jenis manisan ini bukan hanya di jumpai di kawasan timur tengah, akan tetapi manisan ini dapat dijumpai di negara-negara lain, seperti negara bagian Asia dan kawasan Eropa Timur.

4. Luqmat al-Qadhi

Aneka Manisan Arab

Jika Anda pernah membaca postingan kami sebelumnya tentang manisan khas India, maka secara sekilas anda akan menemukan kemiripan dengan manisan India. Jenis manisan Luqmat al-Qadhi adalah pastry yang digoreng lalu disiram dengan sirup atau madu dan kayu manis, bahkan terkadang manisan ini ditaburi dengan wijen.

5. Manisan Qathayif

Aneka Manisan Arab

Jenis manisan ini berisi keju putih lembut, di Indonesia manisan dikenal dengan sebutan pastel dan di Negara India dikenal dengan sebutan Samosa. Cara mengolahnya yakni dengan cara digoreng kemudain diisi dengan sayuran dan daging, Manisan Qathayif merupakan makanan pencuci mulut kala bulan Puasa, akan tetapi di hari-hari biasa pun kita dapat menikmatinya.

Dari beberapa jenis manisan yang Admin sebutkan dapat Anda dapatkan di toko-toko pastry ataukah Anda Pun dapat membuat sendiri di Rumah karena proses pembuatannya tergolong sederhana.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email: