Resep Cara Membuat Manisan Buah Cermei

Resep Manisan - Cermei, cereme atau ceremai merupakan nama sejenenis tubuhan mirip pohon belimbing, Warna buah #Cermai putih kekuning-kuningan, baik buah yang masih muda maupun yang cermai sudah tua, Buah cermei mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk meringankan penyakit tumor, Rasa dari manisan cermai adalah manis dan agak asam sehingga sangat enak dinikmati kala siang hari atau udara panas.

Resep Cara Membuat Manisan Buah Cermei

Manisan Buah Cermei

Mungkin bagi anda yang dulu sering memakan #manisan dan sekarang merindukannya, namun sayang sudah jarang ada menjual. Maka dari itu alangkah baiknya jika Anda mencoba membuat sendiri manisan cermainya berikut adalah cara membuat manisan cermai :
Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 1 Kg buah cermai yang sudah cukup tua.
  • 1 Kg gram gula pasir
  • Garam seperlunya
  • Pewarna makanan yang warnanya sesuai dengan selera Anda
Cara membuat manisan ceramai:
  1. Rendam buah cermai pada air garam, kemudian buah digilas pelan-pelam Anda dapat memakai botol supaya air ceremai keluar, namun jangan sampai jadi pecah. Hal demikian bertujuan untuk menghilangkan rasa yang terlalu masam.
  2. Setelah itu cuci buah cermai tersebut sampai bersih
  3. Lalu campurkan gula dan pewarna, serta sedikit garam dan air kemudian rebus sampai mengental aduk perlahan setelah itu masukan cermai dan aduk hingga benar-benar merata dan agar mengering lalu angkat.
  4. Jemur pada terik matahari selama beberapa hari, hal ini bertujuan agar lapisan gula yang menempel pada cermai dapat mengering, setelah kering simpan dalam tempat yang rapat.
  5. Manisan cermai siap untuk di Santap.