Resep Praktis Manisan Belimbing Wuluh

Resep Praktis Manisan Belimbing Wuluh, Belimbing wuluh atau juga popular di kenal dengan nama belimbing sayur, mempunyai cita rasa yang asam. Karenanya ia benar-benar popular dipakai untuk penyegar di kuah makanan, pembersih perabot dari minyak serta juga pembersih muka serta kuku. Diluar itu, berkat kandungannya yang kompleks, belimbing wuluh juga kerap dipakai untuk bahan obat herbal yang memanglah dapat dibuktikan ampuh.

Manisan Belimbing Wuluh

Resep Manisan Belimbing Wuluh

Tetapi walau di ketahui mempunyai banyak manfaat, nyatanya beberapa orang yang condong hindari buah belimbing wuluh karena terasa cukup asam di lidah. Nah untuk Anda yang terhitung ke dalam grup ini, janganlah berkecil hati karena Anda dapat juga nikmati belimbing wuluh dengan rasa yang lebih bersahabat. Coba manisan belimbing wuluh! Terasa cukup nikmat serta harga nya benar-benar terjangkau. Bila tidak takut ribet, tidak ada salahnya bikin manisan belimbing wuluh dari dapur Anda sendiri. Tersebut resep praktis yang dapat Anda lakukan.

Bahan Baku Manisan

Pada prinsipnya, bahan yang diperlukan untuk bikin manisan belimbing wuluh cukup gampang diperoleh di mana-mana. Adapun beberapa bahan itu diantaranya :

Belimbing wuluh fresh sejumlah 2 kilogram. Yakinkan bunga di ujungnya sudah Anda bersihkan.

  • Gula pasir sejumlah 1, 5 kilogram.
  • Air bersih sejumlah 1 liter.
  • Kapur sirih sejumlah 1 sendok makan.
Cara Bikin Manisan Belimbing Wuluh

Sesudah seluruh bahan sudah ada, langkah pertama yang Anda kerjakan yaitu mencampurkan 2 liter air dengan kapur sirih. Campur dengan cara rata. Kemudian biarlah sekian waktu sampai terwujud endapan. Susunan atas yaitu air kapur sirih yang bakal dipakai. Sesaat susunan bawah yaitu endapan kapur sirih. Pisahkan air serta endapan kapur sirih dengan jeli karena kapur sirih mempunyai rasa pekat serta pahit yang bakal bikin rasa manisan Anda terganggu. Untuk memperoleh mutu air yang bening, Anda dapat mendiamkan kombinasi air serta kapur sirih ini sepanjang 24 jam.

Sesudah diperoleh air kapur sirih, taruh di wadah bersih. Setelah itu potong sisi pangkal belimbing wuluh supaya air kapur sirih lebih meresap hingga ke dalam. Kemudian rendam belimbing tersebut di air kapur sirih sekurang-kurangnya 2 jam lamanya. Sesudah saat cukup, ambillah belimbing serta bersihkan dengan air masak. Tahap selanjutnya yaitu mendidihkan air sejumlah 1 liter. Sesudah mendidih, masukkan gula sejumlah 500 gram. Tunggulah sampai kembali mendidih. Kemudian, matikan api.

Masukkan belimbing yang sudah dibikin bersih ke dalam air gula yang tetap dalam situasi panas. Biarlah belimbing didalam larutan gula serta air itu sepanjang satu hari penuh. Kemudian pisahkan belimbing serta tiriskan. Setelah itu, didihkan kembali air gula tadi serta kembali imbuhkan 500 gram gula pasir. Masak sampai kembali mendidih serta matikan api. Setelah itu, kembali masukkan belimbing wuluh yang sudah ditiriskan tadi.

Rendam lagi sepanjang satu hari penuh. Kemudian kembali tiriskan belimbing serta masak lagi air gula. Imbuhkan sisa gula sejumlah 500 gram serta masak lagi hingga mendidih. Paling akhir masukkan lagi belimbing wuluh serta rendam seharian penuh. Sesudah usai, belimbing wuluh ditiriskan serta dijemur dibawah cahaya terik matahari sepanjang 2 hari. Sepanjang masa penjemuran, yakinkan belimbing dalam situasi bersih. Sesudah kering, manisan belimbing wuluh dapat di nikmati berbarengan keluarga terkasih.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email: