Cara membuat Manisan Buah Malaka

Cara membuat manisan buah malaka, Buah Malaka di kenal juga dengan nama melaka, ammalaki, amala, nillika, amla, amlaki, nellikya, nellikai. Dan dalam bahasa latinya Buah Malaka disebut juga dengan nama Indian gooseberry.

Menurut Beberapa ahli di malaysia memperkirakan bahwasanya nama pohon malakala sebagai asal mula terjadinya nama Kota Melaka, serta terakhir disebut menjdi nama Selat, yakni Selat Malaka.

Bagian dari pohon malaka biasa digunakan untuk pengobatan secara tradisional. Bagian-bagian tumbuhan malaka ini yakni bagian akar, daun, bunga, biji, dan bauh. Juga di negara India, buah malaka menjadi salah satu unsur penting pada pengobatan Ayurveda.

Cara membuat manisan buah malaka

Manisan Buah Malaka


Kandungan Buah Malaka. Buah tersebut mempunyai kandungan vitamin C, dan tanin. Serta ekstrak buah malaka bisa dipakai untuk bahan pewarna tradisional/pewarna makanan.

Buah Malaka dapat juga dibuat sebagai manisan yang rasanya benar-benar enak dilidah. Manisan Buah Malaka sangat nikmat dan lezat. Manis segar. Serta benar-benar layak untuk jadikan suguhan untuk tamu. Di bawah ini cara membuat manisan dari buah malaka

Bahan bahan :
  • 3 kg buah malaka
  • 1 1/2 kilo gram Gula pasir
  • 1 Liter Air
  • 2 sdm kapur sirih
Cara meracik :
  1. Rendam kapur sirih dengan 3 lt air, diamkan agar mengendap, pakai air bagian atas yang bening saja.
  2. Irislah tipis bagian pangkal buah malaka, supaya air kapur sirih bisa meresap kedalam
  3. Rendam buah malaka dengan air kapur sirih sekurang-kurangnya 2 jam. Bersihkan.
  4. Didihkan air, blanching buah malaka sesaat lalu tiriskan.
  5. Masak 450 gr gula dengan 1 liter air sampai mendidih dan matikan apinya.
  6. Masukkan buah malaka waktu air gula masih panas. Biarkan terendam selama satu hari dan tiriskan.
  7. Didihkan kembali air gula, tambahkanlah 500 gram gula serta biarkan mendidih lagi sampai beberapa saat. Matikan api.
  8. Kembali masukkan buah malaka waktu air gula saat masih panas. Rendam satu hari.
  9. Kerjakan proses yang sama sekali lagi dan iriskan.
  10. Siapkan tampat atau loyang datar tidak tebal yang bersih, jemur buah malaka di panas matahari kurang lebih dua hari. Hidangkan.
Tips tambahan :
  • Tehnik serapan air kapur yang saya gunakan memanglah lain dengan orang lain. Orang lain kerap merekomendasikan buah malaka digelindingkan diatas parutan kelapa sembari ditekan biar ada jalan masuk untuk air kapur sirihnya. Dengan tehnik itu hasilnya tidak baik. Kulit buah malaka jadi tak mulus.
  • Waktu menjemur, janganlah terlampau kering namun juga hindari terlampau basah. Tandanya manisan sudah tak terlalu lekat lagi bila dipegang dengan tangan. kira-kira 2 hari waktu panas terik. Bila masih kurang kering, tambahkan satu hari lagi boleh. Cuman harus berhati-hati janganlah terlampau kekeringan, nanti jadi seperti kismis.
Itulah langkah membuat manisan buah malaka. Yang tentunya sajian manisan Buah Malaka juga benar-benar pas untuk di sajikan untuk menu berbuka.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email: