Membuat Manisan Tomat Kering

Pengolahan buah tomat jadi manisan bisa mengawetkan buah tomat hingga bisa disimpan kurun waktu yang cukup lama. Pada intinya sistem pembuatan manisan yaitu samadengan membuat manisan dari buah-buahan lain yang sudah kerap di buat manisan. Bahan baku intinya, tak hanya buah tomat juga gula pasir, serta kapur sirih dalam wujud larutan untuk bahan pengawet yang di gabung dengan asam benzoate.

Membuat Manisan Tomat Kering

Pembuatan manisan tomat bisa dikerjakan dengan dua langkah yakni manisan basah dan manisan kering. Manisan basah adalah product yang di buat berbahan segar yang di rendam dalam larutan gula. Sedang manisan kering adalah produk yang di buat dengan memberi lapisan gula yang tidak tebal, atau dapat pula di celupkan dalam sirup lalu dikeringkan. Dari sisi tampilan, manisan buah basah lebih menarik apabila dibanding dengan manisan buah kering.

Bahan dan Alat yang diperlukan
Bahan baku utama buah tomat, dapat dari beragam varietas, gula pasir, kapur sirih, serta tawas. Sedang alat yang diperlukan salah satunya timbangan, kompor, batang pengaduk, saringan, baskom plastik, loyang, pisau serta alat bantu yang lain.

Proses Pembuatan
  • Langkah pembuatan manisan tomat terdapat banyak bagian yakni, pertama, sortasi dengan menentukan buah tomat menurut tingkat kematangan serta ukuran yang sama. Selain itu, buahnya segar tak cacat ataukah busak. Lalu kerjakan triming untuk melepas kulit atau tangkai yang masih melekat.
  • Kedua, pencucian untuk menyingkirkan kotoran yang tetap melekat.
  • Langkah Ketiga, yakni pengupasan kulit untuk mempermudah penyerapan larutan bahan pengeras (kapur serta tawas) serta larutan gula dan untuk menambah mutu produksi.
  • Ke empat, adalah melakukan proses perendaman dalam larutan kapur atau tawas selama 48 jam dengan perbandingan kapur dan tawas 50:30
  • Ke lima, buah diangkat serta ditiriskan sesudah dicuci bersih.
  • Ke enam, pemanasan larutan gula hingga membuat larutan homogen.
  • Ketujuh, pendinginan larutan gula mempunyai tujuan untuk turunkan suhu larutan gula sampai meraih suhu kamar.
  • Kedelapan, sesudah larutan gula dingin lalu tomat di rendam sepanjang 4 samapi 6 hari yang mempunyai tujuan supaya berlangsung peresapan lambat dalam larutan gula. Lalu buah tomat ditiriskan untuk menyingkirkan keunggulan air.
  • Terakhir manisan tomat siap dikonsumsi atau di pasarkan.

Disarankan Untuk Anda:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel