Cara Membuat Manisan Kulit Melinjo

Resep Manisan - Jika kita mendengar nama buah yang satu ini mungkin nama melinjo tidaklah asing ditelinga kita, tumbuhan ini banyak tumbuh diperdesaan, Melinjo merupakan spesies tanaman berbiji terbuka atau tumbuhan dikotil, berbentuk pohon yang berasal dari kawasan Asia Pasifik dan Melanesia. #Melinjo dikenal pula dengan nama mlinjo, tangkil, belinjo atau Khalet, Bago. Buah melinjo menghasilkan senyawa antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Gambar buah melinjo

Terdapat banyak manfaat dari tumbuhan melinjo, mulai dari buahnya bisa diolah jadi emping melinjo, bunga dan daunnya yang masih mudah dapat diolah menjadi sayuran, sedangkan batangnnya digunakan sebagai alat dan bahan rumah tangga. Nah pada kesepatan kali ini admin resep manisan ingin berbagi tips cara membuat manisan kulit melinjo, proses pembuatannya cukuplah mudah dikerjakan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Alat Dan Bahan :
Pisau, Baskom, Toples, Sendok, 3 kg Melinjo, 500 gram Gula pasir (cairkan), 1 liter minyak goreng.

Gambar buah melinjo

Cara Membuat Manisan Kulit melinjo:
  • Pertama-tama pisahkan/kupas melinjo lalu yang diambil hanya kulitnya saja.
  • Bilas kulit melinjo yang sudah dipisahkan sampai bersih
  • Jemur kulit dibawah sinar matahari sampai kering
  • Setelah kulitnya kering lajutjkan kepada tahap pengorengan hingga matang
  • campurkan kulit yang matang dengan pada larutan gula, angin-anginkan hingga dingin
  • Masukkan kedalam toples, tunggulah hingga mengeras.
Untuk memperoleh rasa yang enak dan gurih pada saat gula pasir di cairkan, tambahkan, bawang merah, bawang putih, cabe kriting dan sedikit garam yang telah dihaluskan. Demikian persembahan blog resep manisan pada kesempatan kali ini. Selamat Mencoba.