Menu Buka Puasa: Manisan Kolang-Kaling Legit dan Kenyal

Resep Manisan - Manisan kolang-kaling adalah salah satu jenis manisan yang populer kala bulan ramadhan, #Manisan ini sangat cocok disajikan sebagai hidangan pelengkap saat buka #puasa, paling nikmat jika dipadukan dengan es campur, Hmm rasanya begitu kenyal dan legit.

Manisan kolang-kaling merupakan sajian wajib masyarakat Betawi jika hari raya lebaran tiba. Selain itu kolang kaling sangat baik bagi kesehatan. Nah pembaca Blog resep manisan apakah Anda tertarik ingin membuat manisan kolang-kaling sendiri di Rumah, Silakan ikuti tahapan pembuatan manisan berikut ini.

Cara Membuat Manisan Kolang-Kaling Untuk Buka Puasa

Manisan Kolang-kaling


1. Kolang-kaling
Hal pertama yang perlu anda siapkan adalah 1 kg kolang-kaling sebagai bahan utamanya. Sebaiknya Anda memilih kolang-kaling yang masih muda dengan ciri-ciri bentuknya yang pipih, dan transparan supaya rasanya empuk dan legit. Selanjutnya mencuci bersih kolang-kaling secara berulang-ulang dan lalu tiriskan.

2. Tahap perendaman
Rendamlah kolang-kaling dalam baskom dengan menggunakan bekas air cucian beras kurang lebih satu sampai tiga jam lamanya, tujuan perendaman supaya lendir dan aroma asam yang terdapat pada kolang-kaling hilang. Berikutnya lalukan tahap mencuci bersih dan tiriskan kembali pada baskom.

3. Tahap perebusan
Siapkan Panci dan didihkan air secukupnya. Masukkan satu lembar daun pandan yang telah dipotong-potong kecil. Akan tetapi jika Anda tak begitu suka dengan rasa pandan anda dapat menggantinya dengan 2-3 lembar daun jeruk purut. Selanjutnya masukkan kolang-kaling tadi dan rebus selama 30 menit pada api sedang sampai mendidih.

4. Gula
Tambahkan 250 gram gula pasir yang sudah didihkan di atas panci.

5. Pewarna
Tahap selanjutnya adalah menambahkan 2-3 tetes zat pewarna makanan Anda dapat memilih warna merah atau warna lainnya yang sesuai selera Anda. Didihkan dalam panci dan kecilkan api, rebuslah sampai air susut.

6. Tahap Peresapan
Rebus terus kolang-kaling pastikan warna sudah benar-benar meresap serta larutan gula pun tinggal sedikit. Matikan api dan angkat lalu dinginkan, Selanjutnya simpan kolang-kaling pada tempat tertutup sebaiknya di simpan dalam lemari pendingin.

Kolang-kaling atau buah atap dengan warna khas transparan atau putih susu ini tentunya kaya akan kandungan serat tinggi serta sangat enak disantap setelah dibikin jadi manisan. Membuat manisan kolang-kaling tidaklah sesulit yang kita bayangkan, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga bermanfaat selamat membuat Manisan Kolang-kaling.