Manisan Buah Plum Kering

Resep Manisan - Buah Plum atau nama ilmiahnya Prunus domestica, mempunyai rasa yang khas asam dan manis, sebenarnya Buah Plum ini masih satu keluarga dengan peach dan cherry ini biasanya berwarna merah atau ungu gelap, dengan daging tebal dan biji solid di tengah buah. Bentuk Pohonnya kecil atau semak, tanaman ini banyak dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, China dan Jepang, buah ini dapat di jumpai di Indonesia pada supermarket-supermarket yang menyediakan bahan makanan import. Buah plum pada umumnya memiliki karakteristik warna dan ukuran yang berbeda tergantung dari asal dimana plum itu tumbuh.

Buah Plum

Manisan Buah Plum


Tanaman ini berbuah dua kali dalam setahun antara bulan mei dan september. Buah Plum kaya akan kandungan Vitamin dan Serat jadi buah ini baik untuk kesehatan tubuh, Buah ini cocok di komsumsi oleh ibu hamil, baik untuk kesehatan mata, menjaga pencernaan, dan mencegah kanker, antioksidan di dalamnya diperlukan untuk memerangi radikal bebas sehingga sangat baik bagi kesehatan jantung, buah Plum dapat meningkatkan kepadatan tulang. buah plum ternyata menghasilkan manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.

Manisan Buah Plum

Selain buahnya dapat dimakan secara lansung, buah plum ini pun dapat diolah jadi manisan buah, dari beberapa resep yang admin tulis mungkin inilah resep yang paling gampang dikerjakan jika hendak membuat manisan buah plum hanya dengan cara mengawetkannya melalui teknik pengeringan hal ini dapat dilakukan secara alami yakni dengan membiarkannya mongering di pohon, dipanggang di dalam oven atau dijemur di bawah terik matahari.

Manisan Buah Plum Kering merupakan hidangan wajib Orang Tionghoa/Cina yang di jadikan sebagai Manisan khas Imlek. Selain disuguhkan sebagai makanan untuk para tamu dan kerabat, manisan ini pun biasanya juga ditaruh sebagai sesaji yang di persembahkan untuk para leluhur kala tahun baru Imlek atau Sin Tjia tiba.