Cara Membuat Manisan Bunga Rosella

Resep Manisan - Bunga Rosella, hampir semua kalangan suka akan manisan buah, pada kesempatan kali ini admin resep manisan akan membahas mengenai cara membuat manisan dari Bunga rosella tentunya rasa yang nikmat dan menyehatkan, ya bunga rosella dengan nama latinya Hibiscus Sabdarida adalah salah satu jenis bunga yang kaya akan kandungan anti oksidan tinggi jika di bandingkan dengan tumbuhan kumis kucing.

Asal usul dari Rosella sendiri berasal dari Timur Tengah dan timur Tengah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh beberapa manfaat seperti, mampu menetralkan racun dalam tubuh, Menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes, Anti Kanker, melancarkan pencernaan, Mencegah osteoporosis dan sangat baik perkembangan anak karena kaya akan DHA dan Omega 3.

Manisan Bunga Rosella

Manisan Bunga Rosella


Selain itu pada bunga rosella kaya akan Vitamin C, B, D, Vitamin A, B12, Iron, Potasium, Asam Esensial dan Beta Caroteen dalam setiap 100 gramnya. Nah setelah kita mengetahui asal usul dan manfaat kesehatan dari bunga Rosella, sekarang mari kita simak bersama tips cara membuat manisan bunga Rosella berikut ini:
Bahan-bahan:
  • Bunga Rosella 3 Kg
  • Gula pasir 1 Kg
Cara Membuat Manisan Rosella:
  1. Pisahkan Buga Rosella dari biji dan kelopaknya
  2. Selanjutnya bunga rosella berulang kai sampau benar benar bersih, tujuannya untuk menghilangkan bulu yang melekat pada bunga tersebut
  3. Masukan kedalam panci dan rebus sampai mendidih, ingat agar dalam tahap ini jangan terlalu lama, asal sudah kelihatan layu matikan apinya dan tiriskan
  4. Setelah ditiris masukkan gula pasir dan aduk secara perlahan sampai rata
  5. Jemur dibawah terik matahari selama 12 jam
  6. Nah manisan bunga rosella siap untuk dihidangkan, atau simpan pada wadah tertutup agar manisannya dapat bertahan lama.
Manisan Bunga Rosella adalah salah satu cemilan sehat tentunya anda dapat mengolah dan meraciknya sendiri dirumah, akan tetapi untuk penderita sakit diabetes agar tidak terlalu banyak mengonsumsi manisan ini, hal ini dikarenakan bahannya berasal dari gula dan hal demikian dapat memicu kadar gula. Selamat membuat cemilan sehat dari olahan bunga rosella.