Resep Mengolah Kulit Durian Jadi Manisan

Resep Manisan - Durian merupakan nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, pemberian nama durian ini di ambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam hingga mirip duri. Sebutan populernya yaitu "Raja dari segala buah" atau King of Fruit. Durian merupakan #buah yang kontroversial, walau beberapa orang yang menyukainya, Akan tetapi sebagian yang lainnya justu jadi muak dengan aroma durian ini.

Manisan Kulit durian

Manisan Kulit durian


Langkah pembuatan manisan kulit durian juga cukup gampang. berikut penjelasan admin Resep Manisan mengenai langkah awal yang harus di persiapkan adalah limbah kulit durian dan air mendidih.

Ambillah bagian kulit ari paling luar buah durian yang berwarna putih lalu bersihkan menggunakan air bersih untuk selanjutnya di rendam dengan memakai air kapur. Perendaman memakai air kapur yang selama 30-50 menit tujuannya supaya lendir yang menempel di bagian kulit ari hilang.

Sambil menunggu lendir durian menghilang, selanjutnya yaitu membuat karamel. Proses pembuatan karamel berasal dari gula pasir yang di campur sedikit air mendidih, lalu diaduk secara perlahan sampai karamel tersebut mengental.

Jikalau kedua bahan itu telah siap, masukan kulit durian yang sudah tidak ada lendirnya kedalam karamel yang sudah siap. Aduk secara perlahan hingga mengering hingga pada akhirnya manisan kulit durian lezat itu pun siap di sajikan.

Membuat karamel cukuplah mudah, hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja sudah jadi, yang sukar mengupas kulit arinya lantaran kita mesti ambili sisi terluar yang cuma 0,5 cm., proses pencucian juga perlu berkali-kali supaya lendirnya hilang.

Manisan Kulit durian ini merupakan makanan khas Kabupaten Pekalongan, sebagai oleh-oleh asli daerah. Selamat mencoba.