Resep Manisan Sayur Pare

Resep Manisan Sayur, Bosan dengan manisan buah? Coba dech manisan sayur berikut ini, beberapa jenis sayur yang di buat jadi manisan seperti #buah pare, lombok, gambas, wortel, ubi jalar, ubi pohon dan terong. Cara membuat #manisan sayur tidak begitu sulit, namun pada kesempatan kali ini Admin aneka resep akan mengkaji secara khusus resep manisan sayur pare saja.

Resep Manisan Sayuran

Resep Manisan Sayuran


Cara pembuatannya sama dengan teknik pembuatan manisan buah. Hanya saja untuk manisan pare sedikit berbeda. Perlu perlakuan khusus supaya rasa pahitnya dapat hilang. Pare yang akan di buat manisan diiris-iris. Kemudian biji yang menggumpal dibagian tengahnya dibuang. Irisan daging buah pare lalu diremas-remas dengan garam. Untuk takaran garam yang diberikan yaitu satu sendok makan untuk satu buah pare.

Selain diremas-remas, Anda dapat juga menghilangkan rasa pahit pare dengan cara merendamnya dengan air garam selama lima belas menit. Konsentrasinya cukup 0,3 persen saja. Lewat cara ini, pare dapat terhindar dari kerusakan. Kemudian, daging pare dicuci hingga bersih supaya garam yang menempel dapat hilang. Langkah selanjutnya yaitu tahap perebusan selama 10 menit. Apabila daging buah pare sudah tampak berwarna kecoklatan, artinya rasa pahit telah hilang.

Pare lalu di rendam dalam larutan kapur sirih. Cairan yang berperan sebagai bahan perenyah serta pengenyal ini dapat diramu sendiri. Caranya yairu dengan melarutkan kapur sirih sekitar 2 sendok makan kedalam 2 liter air. Perendaman dilakukan selama 2 jam. Sesudah di rendam, pare dicuci hingga bersih. Sisa kapur yang tetap melekat dapat membuat daging pare jadi pahit. Pare yang telah bersih siap dimaniskan dengan larutan gula panas.

Sementara itu, untuk pembuatan manisan sayur selain dari buah pare, proses pembuatannya sedikit berbeda. Sayur yang telah diambil dibersihkan kemudian diiris-iris. Biji yang ada di dalamnya dibuang. Untuk sayuran yang berbentuk buah ada baiknya dipilihlah buah yang masih mengkal atau tak terlampau masak. Irisan sayur lalu di rendam dalam air kapur sirih selama dua jam. Kemudian dicuci bersih dan ditiriskan. Sayur kemudian siap dimaniskan.

Sistem pemanisan dimulai dengan membuat larutan gula. Sejumlah 800 gram gula pasir dilarutkan dalam 1,5 liter air. Sayur lalu dimasukkan dalam larutan gula itu sambil di rebus diatas api yg tidak terlampau besar. Aduk secara perlahan hingga mengental. Perlakuan ini memakan waktu kurang lebih selama satu jam lamanya.

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email: