Cara Membuat Manisan Wortel

Resep Manisan - Bagian yang dapat dikomsumsi pada wortel adalah bagian akar atau umbinya. Wortel adalah tumbuhan biennial yang siklus hidupnya 1 sampai 2 tahun, wortel yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar, wortel berbunga setelah berusia 2 tahun. Batang bunga yang tingginya sekitar 1 meter, warna bunganya putih. Daucus carota (Umbi Wortel) mengandung vitamin A yang dikarenakan oleh tingginya kandungan karoten. jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya kandungan vitamin A wortel bisa di katakan cukup tinggi, yakni sebanyak 12.000 sesuai dengan takaran Standar Internasional.

Wortel kaya akan kandungan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati sehingga dapat meningkatkan ketajaman mata atau penglihatan, Wortel juga dapat memperlambat Penuaan karena tingginya kandungan beta karoten bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh melalui metabolisme, selain itu Wortel sangat baik Untuk kesehatan Gigi dan Gusi wortel dapat mengikis plak dan partikel sisa makanan yang menempel pada gigi. sebenarnya masih banyak lagi manfaat wortel bagi kesehatan namun cuma itu yang dapat kami jelaskan.

Cara Membuat Manisan Wortel

Manisan Wortel


Wortel sangat dikenal sebagai sayuran yang gampang tumbuh, selain rasanya lezat dan bergizi tinggi. Hampir seluruh kalangan suka makan wortel baik anak-anak maupun orang dewasa menyukainya karena rasa manis dan teksturnya yang begitu renyah. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, wortel juga dapat diolah menjadi berbagai macam produk seperti selai, dodol wortel, sari wortel, tepung wortel dan manisan wortel. Namun pada kami hanya akan menjelaskan tentang cara membuat manisan wortel.

Bahan:
  • Wortel 2 kg
  • Gula pasir 1 kg
  • Sitrun secukupnya
  • Air
Cara Membuat manisan wortel:
  1. Pilih wortel yang masih segar bersikan wortel dengan membilasnya
  2. Haluskan wortel yang telah di cuci dengan cara memarut/blander
  3. Panaskan wajan lalu masukan gula pasir tunggu sampai gulanya jadi encer kemudian masukan parutan wortel
  4. Aduk rata parutan wortel dan gula pasir dan masukan sitrun secukupnya aduk sampai rata
  5. Masak selama 30 menit/sampai matang, angkat
  6. Kemudaian adonan di buat bulatan sebesar kelereng dan masukan dalam lumuran gula pasir
  7. simpan di toples yang telah disediakan atau masukan dalam kulkas
Selamat mencoba membuat manisan wortel. Semoga bermanfaat.