Cara Membuat Manisan Kering Ubi Jalar

Resep Manisan kering ubi jalar merupakan irisan ubi jalar yang sudah menyerap gula melalui tahap pengeringan. Kandungan air yang rendah serta kadar gula tinggi mengakibatkan manisan ini dapat bertahan lama. Pada dasarnya manisan ubi jalar ini merupakan. Manisan Uji Jalar ini belum terlalu dikenal oleh kalangan masyarakat. Berbeda dengan manisan buah pada umumnya.

Resep Manisan Kering Ubi Jalar

Manisan Kering Ubi Jalar


Manisan ubi jalar ini bisa dibuat kapan saja lantaran bahan baku tersedia sepanjang tahun serta tidak mengenal musim. Seperti maisan buah, pembuatan manisan ubi jalar tidak begitu sulit dikerjakan. Pemrosesan bisa dikerjakan dengan menggunakan peralatan yang sederhana, dengan cara yang gampang dan ongkos yang murah. berikut proses cara membuat manisan ubi jalar, caranya hanya dengan menyiapkan.

Bahan Serta Alat
  • Ubi jalar
  • Gula
  • Asam sitrat
  • Natrium bisulfit
  • Pisau serta talenan
  • Timbangan
  • Panci tahan asam
  • Alat Pengering
Cara Membuat
  1. Pengupasan serta Pengirisan. Ubi Jalar dicuci, lalu dikupas, sesudah dikupas, Ubi Jalar dicuci kembali. Ubi Jalar yang sudah dikupas kemudian dicuci bersih dan iris dengan ketebalan lima milli meter, dengan lebar 30 mm dan panjang sekitar 30 mm.
  2. Perendaman dengan natirum bisulfit. Ubi Jalar yang sudah dipotong mesti selekasnya direndam pada larutan natrium sulfit 2000 ppm atau dua gram natirum bisulfit dilarutkan didalam satu liter air. Perendaman berjalan kurang lebih 60 menit. setalah itu Ubi Jalar ditiriskan.
  3. Penyiapan larutan Gula. Gula halus sejumlah 300 gram dimasukkan ke dalam panci, lalu ditambah air sedikit demi sedikit dan diaduk secara perlahan sampai gula larut secara keseluruhan, larutan ini ditambah dengan asam sitrat sebanya sepuluh gram. Kemudian larutan dimasak hingga mendidih.
  4. Perendaman dan Perebusan pada larutan gula. Potongan Ubi Jalar yang sudah di rendam didalam sulfit dan telah ditiriskan dimasukkan ke dalam larutan gula mendidih. Ubi Jalar dibiarkan didalam larutan itu selama 20 menit. Lalu api dimatikan, dan potongan Ubi Jalar dibiarkan terendam didalam larutan gula selama 1 hari. dan Selama proses perendaman, mesti dilakukan pengadukan sekali dalam 4 jam. Kemudian Ubi Jalar ditiriskan.
  5. Tahap pengeringan. Setelah ditiriskan, Ubi Jalar dikeringan dengan alat pengering pada suhu 60 derajat Celcius selama empat jam sampai kandungan air di bawah dua puluh persen hal ini dapat ditandai dengan menyusutnya ubi jalar.
  6. Proses pengemasan. Manisan Ubi Jalar dikemas didalam kantong plastik, Produk bisa disimpan lama.
Itulah cara pembutan manisan ubi jalar semoga ulasan Admin resep buah bisa membantu Anda dalam membuat manisan ubi. dilain kesempatan admin akan menulis tentang cara membuat Manisan ubi jalar pedas.