Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma

Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma, Manisan dari buah Tomat atau yang lebih di kenal dengan sebutan Tomakur (Tomat rasa Kurma) ini benar-benar pas jadikan makanan ringan pada pagi mendekati siang seperti waktu ini. Serta jadi rekan satu gelas Juice Tomat disela-sela kegiatan kita. Mantab... Tetapi, tahukah sahabat bagaimana sistem pembuatan manisan buah Tomat mirip Kurma ini? Mari berbarengan kita simak penjelasan singkat yang bakal saya bagikan tentang Langkah bikin manisan buah Tomat mirip Kurma.

Cara membuat manisan buah Tomat menyerupai Kurma

Manisan buah Tomat menyerupai Kurma

Pertama sudah pasti yang perlu sahabat siapkan adalah buah Tomatnya. Tentukan buah Tomat yang betul-betul fresh serta tak busuk. Buah Tomat dengan warna yang rata mengisyaratkan buah Tomat masak dengan cara prima. Siapkan juga bahan yang lain seperti gula Pasir serta kapur sirih dengan takaran 1 kg buah Tomat, 200 gr gula pasir serta 1 sendok teh kapur sirih.

Langkah membuat :
  • Rendam buah Tomat didalam air kapur sirih lebih kurang sepanjang 2 jam. Kemudian, iris Tomat memakai pisau kemudain pisahkan dengan berisi. Bersihkan bersih.
  • Masukkan serta susun Tomat-Tomat tadi ke dalam panci. Beri sedikit serta taburi gula pasir di atasnya. Tutup serta diamkan 8 - 12 jam.
  • Masak Tomat dengan api kecil sampai air dalam panci habis. Namun tak hingga gosong.
  • Wujud satu persatu buah Tomat lewat cara diremas (seperti memeras) dengan satu tangan lalu susun rapi diatas nampan.
  • Yang paling akhir, jemur Tomat di bawah terik matahari sepanjang 3-4 hari sampai kering serta beralih warna jadi kecoklat-coklatan. Untuk hindari Tomat dihnggapi lalat serta serangga yang lain pada waktu sistem penjemuran, baiknya disiapkan area spesial untuk menjemur. Siapkan ruangan dengan atap yang transparan yang terbuat dari kaca atau plastik. Karena, Tomat bakal terlepas dari lalat serta juga debu.
Bagaimana sahabat, gampang bukan hanya.
Segera dipraktekkan Langkah bikin manisan buah Tomat mirip Kurma-nya. Semoga berguna.